Ujang Solikhin Tokoh Ciamis Peraih Kalpataru

Ciamis selama tiga tahun berturut-turut (tahun 2008-2010) secara membanggakan berhasil meraih Piala Adipura. Kota manis pada tahun 2010 bahkan meraih Piala Adipura dan sekaligus menerima penghargaan Kalpataru atas nama Ujang Solikhin dalam kategori Perintis Lingkungan. Siapakah tokoh yang telah berjasa bagi lingkungan dan mengharumkan nama Ciamis tersebut?

Serda Ujang Solikhin menerima penghargaan dari Presiden Yudhoyono di Istana Negara, Jakarta, Selasa (8/6)

Ujang Solikhin (42) beralamat di Desa Kertasari, Kecamatan Ciamis, Kabupaten Ciamis, Provinsi Jawa Barat. Di sela-sela kesibukannya sebagai anggota TNI-AD, memanfaatkan sampah mejadi energi alternatif berupa briket arang organik sebagai sumber energi biomassa pengganti bahan bakar minyak tanah.

Hasil dari keluletan dan kreativitasnya ia dapat memproduksi arang briket sampah organik sebanyak 2 ton/hari, sehingga dapat memenuhi pesanan produk dari perusahaan teh di Cianjur. Kebutuhan sampah 12 ton/minggu sebagai bahan baku arang briket diperoleh dengan pola kemitraan berasal dari produksi kelompok masyarakat di Kecamatan Cijeungjing dan Padaherang yang dikirim secara berkala ke lokasi pengolahan utama di kawasan PT. Albasi Parahyangan. Kegiatan ekonomi kreatif yang gelutinya berhasil menanggulangi permasalahan sampah di Ciamis.

Menurut siaran pers Kementerian Lingkungan Hidup tertanggal 8 Juni 2010, penghargaan Kalpataru tersebut diberikan dalam rangka peringatan Hari Lingkungan Hidup Sedunia 2010 bertemakan "Many Species. One Planet. One Future" yang kemudian di Indonesia diterjemahkan menjadi "Keanekaragaman Hayati, Masa Depan Bumi Kita".

Dewan Pertimbangan Kalpataru dipimpin oleh Prof. Dr. Didin Sastrapadja menyatakan penghargaan Kalpataru diberikan kepada individu maupun kelompok masyarakat yang telah berjuang demi pelestarian lingkungan hidup.

"Saya bersyukur atas penghargaan ini, semoga ini bisa memacu semua pihak untuk terus melestarikan alam dan lingkungan sekitarnya," kata Ujang seusai menerima penghargaan dari Presiden Yudhoyono di Istana Negara, Jakarta, Selasa (8/6).

Semoga apa yang telah di capai oleh 'Jendral Sampah Ciamis' dapat menjadi kebanggaan warga Kabupaten Ciamis dan memotiwasi warga Kabupaten Ciamis untuk lebih inovatif dalam memanfaatkan dan memelihara Lingkungan Hidup.

referensi:
1. http://www.menlh.go.id
2. tribunjabar
3. deniigo.wordpress.com

0 komentar:

Post a Comment