Asyiknya Menikmati Wisata Kuliner Tumis Genjer di Ciamis


Kunjungan di kota Ciamis tak akan terasa lengkap jika tidak disempurnakan dengan mencicipi hidangan khas kota manis. Beberapa restoran dan rumah makan siap melayani lapar dahaga Anda dengan berbagai pilihan menu makanan serta minuman.

Jika Anda ingin wisata kuliner di Ciamis menjadi lebih berkesan, maka menu tradisi yang unik dan langka mungkin akan menjadi jawaban yang memuaskan. Beberapa menu khas dapat dijadikan pilihan, dan tumis genjer atau oseng gendot salah satunya. Konon hampir semua rumah makan di Ciamis menyediakan hidangan yang satu ini.

Wah, genjer? Atau wowww genjer? Kuliner genjer mungkin agak diremehkan oleh sebagian orang, karena terkesan sebagai makanan orang miskin. Maklum, tanaman yang batangnya berpori dan nampak mengkilat dilapis lilin ini termasuk tumbuhan liar yang dapat diperoleh secara bebas di sawah, kolam atau danau. Singkat kata, gratisan!

Kata genjer sendiri sempat menjadi judul lagu terkenal "Genjer-genjer" yang dilarang karena digunakan oleh partai terlarang PKI pada sekitar tahun 1960-an. Nyatanya, ternyata kedekatan genjer dengan stigma negatif komunisme, berlawanan dengan kandungan gizinya yang postif untuk dibuat bahan kuliner nikmat.

Menurut smallcrab.com, genjer (Limnocharis flava) yang merupakan jenis tanaman terna dan tumbuh di rawa atau kolam berlumpur yang banyak airnya, ternyata memiliki banyak kandungan unsur gizi. Setiap 100 gram genjer mengandung energi 39 kkal, protein 1,7 gram, karbohidrat 7,7 gram, kalsium 62 mg, fosfor 33 mg dan zat besi 2,1 mg. Daun dan bunga genjer mengandung kardenolin, flavonoida dan polifenol.

Genjer mengandung serat yang baik untuk menjaga saluran sistem pencernaan. Jika Anda rajin mengonsumsi genjer, kanker colon (usus besar) dan sembelit dipercaya akan menjauh dari tubuh. Daun muda segar genjer yang dicuci dan dikukus setengah matang juga dipercaya memiliki khasiat sebagai penambah nafsu makan.

Nah, tertarik mencoba? Kuliner genjer yang tokcer, santapan gendot yang hot, menanti Anda di kota Ciamis yang manis manjing dinamis.

0 komentar:

Post a Comment