21 October 2013

Sinden Ronggeng Asal Ciamis akan Go Internasional

CIAMIS, (KP).- Maestro sinden Ronggeng Gunung asal Desa Ciulu, Kecamatan Banjarsari Raspi atau lebih dikenal dengan Bi Raspi Go Internasional, tampil nyinden dalam acara Biennal Singapure 2013 di Singapure Art Musim, Kamis (24/­10/2013) mendatang.

Kepergiannya diajak oleh seniman rupa Tisna Senjaya yang berniat mengkolaborasikan seni rupa, seni tarik suara dan seni tari ke dalam seni kontemporer. Untuk seniman tari Tisna menggandeng Nanu Muda Munajat dosen STSI (Sekolah Tinggi Seni Indonesia) Ban­dung.

Ketua Bidang Seni dan Buda­ya LSM BADAR (Bank Daulat Rakyat) Pandu Radea saat ditemui Minggu (20/10­/2013) me­ngatakan, ini pertama kalinya maestro sinden Ronggeng Gunung asal Ciamis manggung di tingkat internasional. Namun Pandu menya­yang­kan, karena sampai saat ini belum ada kepedulian dari pemerintah setempat.

Hari ini Senin (21/10/2013) LSM Badar yang di ketua Johan akan beraudensi dengan Bupati. “Kami akan menjelaskan tentang kepergian Bi Raspi ke Singapura dan akan me­nanya­kan bagaimana kepedulian pemerintah dalam melestarikan budaya asli Ciamis,” kata Johan.

Sementara itu Kepala Bidang Budaya Dinas Pariwisata dan Kebudayaan Ciamis Agus Yani saat dihubungi melalui telepon Minggu (20/10/2013) akan membantu keberangkatan Bi Raspi ke Singapura. “Jika dilihat dari anggaran tidak ada anggaran untuk hal itu, tetapi saya akan membantu keberangkatan Bi Raspi ala­kadar­nya,” ujar Agus. E-36***

sumber: kabar-priangan.com

No comments:


[CIAMIS.info]-> [close]