Hayu Miara Lauk Patin di Ciamis!!

Sanes mung gurame wae, ayeuna mah potensi perlaukan di Ciamis tiasa dihangkeutkeun ku budidaya lauk patin geuningan. Mangga aos beritana, sok sanaos tos kakantun saminggon kapengker, tapi manawi wae atuh janten inspirasi para urang Ciamis anu aya di pangumbaraan kangge melak lauk di lemburna sewang-sewangan :)

Ciamis Bisa Kembangkan Ikan Patin

CIAMIS, (PRLM).- Sepuluh kelompok tani budidaya ikan di Desa Cijulang, Kecamatan Cihaurbeuti, Kabupaten Ciamis mendapatkan bantuan benih ikan patin (Pangasius hypothalmus). Pengembangan ikan patin mulai digalakkan di wilayah tatar Galuh Ciamis, karena selain mudah dalam pemeliharaan juga memiliki nilai ekeonomis tinggi.

Demikian dikemukakan Bupati Ciamis Engkon Komara saat menyerahkan bantuan sepuluh ribu bibit ikan patin kepada sepuluh kelompok tani budidaya ikan di Desa Cijulang, Selasa (15/3). Benih ikan patin yang merupakan sumbangan dari pengusaha ikan di Ciamis tersebut, diharapkan mampu meningkatkan kesejehteraan petani ikan.

"Potensi ikan patin di Ciamis masih sangat terbuka. Terlebih banyak faktor yang ikut mendukung pemeliharaan ikan patin, sehingga kami harapkan dalam waktu tidak terlampau lama bakal lebih berkembang," ujar Engkon.

Selain untuk meningkatkan kesejahteraan, lanjut dia, ikan patin juga merupakan salah satu sumber protein yang sangat baik untuk perkembangan tumbuh kembang anak. Dengan demikian, maka pemenuhan gizi keluarga juga dapat tercukupi. Untuk itu, tambah Engkon, sudah saatnya bagi warga Ciamis lebih mengembangkan budidaya ikan patin.

Dia mengatakan selain untuk konsumsi, hal lain yang masih harus didorong adalah berkenaan dengan pemasaran ikan patin. Dengan demikian budidaya ikan patin akan terus berkembang, seiring dengan meningkatnya kesejehteraan masyarakat. Selain memenuhi kebutuhan protein, tutur Engkon, faktor pemasaran ikut mendukung perkembangan budidaya ikan patin.

"Tidak hanya memelihara saja, tetapi yang penting juga perlu memperluas serta terjaminnya pemasaran. Kalau memang serius memelihara ikan patin, pasar akan semakin terbuka. Apalagi belakangan ini mulai banyak pengusaha yang terjun dalam menggeluti ikan patin," tambahnya.

Berdasarkan pengalaman, lanjutnya, pertumbuhan ikan patin termasuk cukup cepat dibandingkan dengan lainnya seperti gurami. Dalam waktu sekitar enam bulan sudah bisa mencapai 35 sentimeter. (A-101/A-26).***


sumber beja: pikiran-rakyat.com

1 comment:

  1. Kang, abdi warga ciamis ti desa selacai kec.cipaku, upami hoyong meser benih ikan patin di daerah mana wae nya kang?

    ReplyDelete