Ayam Goreng Surundeng, Kuliner Ciamis yang Dirindukan


"Tunggu bentar ya," seorang lelaki muda menyuruh penumpang lain dalam sebuah kendaraan pribadi berplat B untuk menunggu sejenak. Kendaraan diparkir di pinggir jalan, sementara lelaki itu menghampiri sebuah gerobak penjual ayam goreng di dekat perempatan pusat kota Ciamis.

Tak pelak lagi, ayam goreng surundeng yang berwarna kekuningan dan menebar aroma gurih memang menjadi salah satu favorit kuliner Ciamis. Warga Ciamis yang mengembara di luar kota akan menyempatkan diri mencicipi makanan khas ini ketika mereka mudik ke kampung halaman.

Para penjual ayam goreng surundeng khas Ciamis dulu terkonsentrasi di dekat bioskop Swadaya, tetapi sekarang mereka berada di berbagai lokasi yang memudahkan konsumen mendapatkannya.


Beberapa restoran, sebut saja salah satunya RM Mergosari, juga menyediakan ayam goreng surundeng sebagai menu andalannya. Hal ini tentu memudahkan konsumen kalangan tertentu yang tidak sempat mencari ayam goreng surundeng di pusat kota.

Lelaki muda generasi kedua keturunan Ciamis yang menjadi warga Jakarta sudah kembali membawa bungkusan ayam goreng surundeng yang dibelinya. Jumlahnya tak tanggung-tanggung, seolah menebus rasa rindu pada tanah leluhur. Ia mengaku rasa ayam goreng surundeng Ciamis memang khas, dan tidak kalah dengan fried chicken yang biasa disantapnya di ibukota.

Lebaran ini para penjual ayam goreng surundeng bersiap menangguk berkah hari raya, dengan kedatangan para pemudik di kota Ciamis. Mungkinkah ayam goreng surundeng Ciamis menembus market yang lebih luas di masa depan? Para pebisnis Ciamis layak memperhitungkan kemungkinan ini...

0 komentar:

Post a Comment