Foto-foto Batik Ciamis

Beberapa foto yang ditampilkan pada laman situs resmi pemprov Jabar sepatutnya membuat warga Ciamis berbangga atas khazanah seni yang dimilikinya, terutama seni batik. CiamisManis.com pernah mengangkat kembali tulisan tentang sejarah batik Ciamis dan menyusur sisa kejayaan batik Ciamis.

Foto-foto batik Ciamis dapat menjadi penawar rasa ingin tahu publik tentang corak batik yang dimiliki Tatar Galuh. Selama ini banyak masyarakat Ciamis sendiri yang belum mengetahui keberadaan batik Ciamis.




Batik Ciamis adalah campuran dari batik Jawa Tengah dan pengaruh daerah sendiri terutama motif dan warna Garutan. Motif batik di daerah Ciamis : parang sontak, rereng seno, rereng sintung ageung, kopi pecah, lepakan, rereng parang rusak, rereng adu manis, kumeli, rereng parang alit, rereng useup, rereng jenggot, rereng peuteuy papangkah.



Pemuatan foto-foto batik Ciamis yang ditujukan untuk mengenalkan, mengangkat dan mempromosikan usaha batik Ciamis, terlihat agak kontras dengan foto plang nama koperasi batik sudah kusam dan kotor. Di sisi lain gambar plang nama tersebut mungkin menggambarkan kondisi dunia perbatikan Ciamis yang belum cerah dan bersinar. Usaha memajukan batik Ciamis masih membutuhkan perhatian dan kesungguhan berbagai pemangku kepentingan.

(CiamisManis.com/sumber: Pemprov Jabar)

0 komentar:

Post a Comment