Menjajal Kelezatan Gurame Bakar di RM Bakar Ikan H. Imi Cigembor Ciamis

Tak mudah menjalankan usaha yang telah dirintis dengan bersusah payah oleh para pendahulu/orang tua, apalagi bila perintis usaha itu telah tiada dan diwariskan kepada anak dan cucu-nya. Namun tak sedikit pula di negeri ini, usaha rumahan hingga industrI berskala internasional mampu bertahan hingga beberapa generasi bahkan berkembang pesat. Satu diantaranya, usaha rumahan khususnya kuliner di Ciamis Jabar yang masih bertahan dan masih ramai pelanggan adalah Ikan Bakar Khas Ciamis Ibu H. Imi di Cigembor.


Usaha rumah makan tradisional yang dirintis oleh H. Imi pada tahun 80-an itu sebenarnya sebuah kebetulan yang membawa berkah. Ibu Nuryani, salah seorang anak H. Imi yang kini meneruskan usaha itu mengatakan, pada awalnya H. Imi hanya berjualan makanan ringan/kecil saja di samping rumah. Lama kelamaan, Imi muda yang sejak tahun 60-70an sering dipanggil sebagai juru masak oleh para tetangga ketika ada hajatan, makin terkenal dengan cara mengolah dan memasak ikan bakar. Jadilah ia sering mendapat order para tetangga, khususnya ikan bakar.

Kewalahan menerima order ikan bakar, membuat Imi memtuskan untuk membuka warung makan khusus. Keterkenalan akan kelezatan ikan bakar Imi membuat banyak pelanggannya terus berdatangan ke warungnya yang kecil, hingga akhirnya menjadi rumah makan seperti sekarang.

Era 90-an hingga tahun 2000-an menjadi masa regenarasi bagi H. Imi. Ia telah menyerahkan estafet usaha kepada anak-anaknya. Ketika tahun 2005 lalu Ibu H. Imi meninggal, usaha itu tetap dijalankan oleh anak-anaknya. Salah satu diantaranya adalah Ibu Nuryani.


Pada pertengahn April 2011 lalu, saya berkesempatan untuk datang langsung ke rumah makan Ibu H. Imi. Pertama yang saya perhatikan adalah foto-foto di dinding yang memajang wajah wajah orang terkenal yang pernah singgah di makan di rumah makan itu. Tak tanggung-tanggung, mulai artis, selebritis, hingga pejabat negeri ini memang pernah mencicipi ikan bakar yang mmmhmhmhmh... lezat.

Berani mencoba? Silakan datang ke Cigembor Ciamis.

(publikasi ulang oleh CiamisManis.com/sumber: BADOKAN)

0 komentar:

Post a Comment