Kisah Kesaktian Embah Gandul, Uyut Satem dan Uyut Karama

Nama Embah Gandul, Uyut Satem dan Uyut Karama mungkin belum terlalu familiar bagi sebagian masyarakat Ciamis, padahal ketiganya adalah sebagian nama legendaris yang masih membekas dalam memori penduduk Mangunjaya, Lakbok Selatan.

Beberapa penduduk Mangunjaya menuturkan kepada kabar-priangan.com, bahwa dulu di daerah mereka terdapat sejumlah warga berilmu tinggi. Salah satunya adalah Embah Gandul Manggala sebagai leluhur Dusun Gimbal, juga beberapa nama lainnya yang disegani.

Konon, jika mereka sedang menjala ikan di Sungai Citanduy atau Ciseel dan tiba-tiba jalanya tersangkut batu atau benda lainnya di dalam lubuk, maka jala itu tidak ditarik ke darat sebagaimana lazimnya, namun mereka perbaiki sambil menyelam.

Sungai Ciseel (foto: ciamiskini.com)
"Bahkan jika menyelam di malam hari, mereka membawa lentera. Tapi ketika kembali ke darat, lentera itu masih tetap menyala. Itu cerita turun-temurun di daerah kami," kata Sariman, warga setempat.

Selain Embah Gandul, terdapat pula nama Uyut Satem dan Uyut Karama. Dua nama ini disebut-sebut sebagai leluhur yang berilmu tinggi. Bahkan ada sejumlah warga yang percaya bahwa bagi anak cucu Uyut Satem dan Uyut Karama, jika akan menyeberang Su­ngai Citanduy atau Sungai Ciseel, cukup menepuk permukaan sungai sambil me­nyebut nama leluhurnya.

Selanjutnya, meski arus sungai sangat deras, seketika akan tampak benda seperti 'catang' di bawah permukaan air yang siap menyeberangkan orang tersebut. Syaratnya, selama menyeberang sungai, tidak boleh mengenakan payung atau menunduk.

Nama Satem diabadikan menjadi nama lubuk atau leuwi yang terdapat pada alur kali mati Sungai Ciseel di daerah Mangunjaya, dan disebut Kedung Satem. Kali mati di daerah tersebut adalah dampak pelurusan alur sungai oleh Proyek Citanduy (Procit) untuk menjinakkan petaka banjir melalui mega proyek yang didanai APBN dan bantuan luar negeri. Salah satu pekerjaan Procit adalah Bendung Manganti, namun masyarakat menyebutnya Bendung Balibar.

Nah, pernahkah Anda mendengar kisah orang-orang tua dulu yang memiliki kesaktian seperti Embah Gandul, Uyut Satem dan Uyut Karama?

0 komentar:

Post a Comment