Jalan Rusak Membuat Warga Malas Bikin KTP

Kondisi jalan yang rusak sudah banyak disuarakan oleh penduduk Ciamis selama ini. Hal ini juga ternyata disinyalir menghambat pelaksanaan pembuatan e-KTP. Kabar-priangan.com menurunkan laporan dengan mengambil sampel keadaan jalan di desa Nagarajati kecamatan Panawangan.

Keadaan jalan yang rusak memang membuat prihatin banyak pihak, dari mulai rakyat biasa hingga anggota dewan yang terhormat. Penduduk akhirnya lebih memilih ngebon (berkebun) daripada harus membuang waktu menuju kantor kecamatan, melewati jalan yang rusak. Keadaan jalan akan bertambah parah jika hujan turun dan jalan menjadi becek dan licin.

Jika penduduk yang masih sehat dan kuat berkebun saja merasa malas menempuh jalan rusak, apalagi jika tubuh tua renta dan sakit-sakitan harus membonceng motor atau menumpang angkutan umum untuk menempuhnya.

Solusi jangka pendek berupa upaya 'jemput bola' dilakukan pemerintah dengan melakukan perekaman data di kantor desa, tetapi akar permasalah utamanya, berupa kerusakan jalan yang membutuhkan perbaikan, masih belum tersentuh dalam statement pemerintah.

Semoga perbaikan jalan-jalan rusak di kabupaten Ciamis tidak harus menunggu terlalu lama lagi, yang entah kapan waktunya...

2 comments:

  1. kampung halaman kakek saya...
    Jalannya emang bkin badan rontok,,
    Semangat pulkam jd menurun krna hrus mlewati jalanan yg bkin g nyaman..

    ReplyDelete