Jembatan Cirahong Ciamis Nu Kakoncara

Page CIAMIS di facebook kenging kintunan foto ti Kang Elan Rakhlan, salah sawios anggota halaman komunitas kasebat. Ieu foto jembatan Cirahong teh dijepret waktos sasih siam kapengker (2010), kalayan diimplik-implikan patarosan taun iraha jembatan ieu diwangun. Mangga nyanggakeun waleranana, mugia janten panambih wawasan kangge urang.

Jembatan Cirahong dibangun pada tahun 1893 untuk menghubungkan kota Bandung dengan kota Yogyakarta. Jembatan Cirahong juga diperkuat kembali pada tahun 1934. Hingga sekarang, jembatan tersebut masih kokoh berdiri. Bahan konstruksinya berasal dari baja dengan rusuk pelat, dinding rangka atas dengan rusuk kontinue.

Jembatan Cirahong memiliki keunikan merupakan satu-satunya jembatan kereta api yang memiliki dua fungsi. Bagian atas berfungsi untuk lalu lintas kereta api. Bagian bawah rel kereta api merupakan jembatan yang digunakan untuk lalu lintas kendaraan yang menghubungkan daerah Ciamis dan Tasikmalaya lewat Manonjaya.

Konstruksi jembatan Cirahong dengan panjang 202 meter itu, juga sangat mengagumkan. Dinding rangkanya mirip anyaman membentang perkasa di atas Sungai Citanduy. Jembatan Cirahong merupakan satu-satunya jembatan warisan Belanda di Kabupaten Ciamis, propinsi Jawa Barat. Kekokohan konstruksi ini, terbukti dari gempa bumi yang mengguncang sebagian wilayah Jawa Barat pada awal September 2009 pun tidak menggoyahkan jembatan Cirahong.


foto kintunan ti: Kang Elan Rakhlan
sumber artikel: http://indonesianheritagerailway.com


0 komentar:

Post a Comment