Berapa Luas Sawah di Ciamis?


Ciamismanis.com kemarin menerbitkan foto 'sawah' diatas ini di laman facebook. Beberapa tanda jempol dibubuhkan dan menunjukkan kerinduan para fans page CIAMIS terhadap tanah kelahiran. Masalah muncul ketika kata-kata kunci 'luas sawah di ciamis' diketikkan di laman Google dalam rangka pencarian data pendukung foto. Ternyata data online belum tersedia di situs pencari terbesar tersebut! Pertanyaan yang muncul: mengapa bisa terjadi?

Ketersediaan data geografis Ciamis adalah sebuah keniscayaan di era global ini. Hal-hal dasar yang bisa diketahui secara online ternyata terkendala oleh minimnya informasi yang tersedia. Saat situs rujukan www.ciamiskab.go.id dikunjungi, ternyata yang muncul (saat itu) di layar hanyalah sebuah pesan singkat dengan huruf cukup besar: "Mohon maaf, situs ini sedang dalam pemeliharaan!"

Beberapa tembolok (cached) yang direkam Google umumnya berasal dari situs resmi pemkab dan hanya menunjukkan luas sawah pada beberapa kecamatan. Apakah tidak ada data valid luas sawah di Ciamis saat ini? Beberapa pihak akan dengan mudah menampik pertanyaan ini, karena institusi tertentu pastilah memiliki data vital tersebut. Masalahnya data tersebut masih sulit dijumpai di internet.

Berapa luas sawah di Ciamis? Satu berita di radartasikmalaya.com sekilas merekam jawaban atas pertanyaan tersebut. Sekretaris Dinas Pertanian dan Tanaman Pangan, Kustini, pada Selasa, 31 Mei 2011 menyampaikan bahwa sawah tadah hujan di Kabupaten Ciamis memiliki luas lebih dari 13 ribu hektar, dan merupakan bagian dari luas sawah di Ciamis yang seluruhnya 51 ribu hektar. Sawah lainnya, menurutnya memiliki irigasi teknis dan setengah teknis, irigasi sederhana atau desa dari Pekerjaan Umum (PU) atau non-PU.

Kustini menyebutkan, luas sawah tadah hujan tertinggi —dari 36 kecamatan— yaitu terletak di wilayah Kecamatan Cimerak dengan luas sawah 1.369 hektar. Terluas kedua terletak di Kecamatan Banjarsari dengan luas 1.093 hektar dan terluas ketiga di Kecamatan Pamarican dengan luas 1.059 hektar.

Nah, pertanyaan kita tentang berapa luas sawah di Ciamis sudah terjawab, meski belum detail dan lengkap. Semoga ada pihak yang berbaik hati menuliskan komentar di bawah tulisan ini untuk melengkapi data yang dibutuhkan.

1 comment: